Categories
Berita Webinar Series

PELAKSANAAN FIRST WEBINAR SERIES 2022

Dekan Fakultas Kedokteran, Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’i, Sp.OG, tampak membuka acara First Webinar Series Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab.

(FK Univrab-Pekanbaru, 18/05/2022) Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab menyelenggarakan Webinar Series tahun 2022 yang pertama pada hari Sabtu (14/05/2022). Webinar dengan tema ‘Medical Education and Physician Competence in Facing Global Challenges’ ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi Zoom meeting dan live streaming Youtube.

Pada kesempatan ini, Webinar nasional FK Univrab mengundang beberapa narasumber antara lain Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP (Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia), Prof. Dr. dr. David Perdanakusuma, Sp.BP-RE(K) (Profesor Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Universitas Airlangga), Prof. Susi Endrini, S.Si., MSc., Ph.D (Rektor Universitas Abdurrab), Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc., Sp.P (K) (Spesialis Paru dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia), serta dr. Syarifah Hidayah Fatriah, Sp.FM (Sekretaris MKEK IDI Wilayah Riau).

Sebelum symposium dimulai, materi etik berjudul Ethical Issues of Social Media Usages by Doctors diberikan oleh dr. Syarifah Hidayah Fatriah, Sp.FM pada opening session. Pada sesi Simposium 1, Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP memaparkan materi yang berjudul Tantangan Pendidikan Kedokteran dan Lulusan Menghadapi Transformasi Global, lalu dilanjutkan oleh narasumber kedua Prof. Dr. dr. David Perdanakusuma, Sp.BP-RE(K) yang memaparkan materi Penguatan dan Peningkatan Kompetensi Dokter. Sesi pertama ini dimoderatori oleh Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’i, Sp.OG (Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab).

Pada sesi Simposium 2, Prof. Susi Endrini, S.Si., MSc., Ph.D memaparkan materi yang berjudul Riset-riset Tanaman Obat Terkait Virus SARS COVID-2, lalu dilanjutkan oleh narasumber kedua Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc., Sp.P (K) yang memaparkan materi berjudul Perjalanan Varian COVID-19 dan Efek Jangka Panjang. Sesi kedua ini dimoderatori oleh dr. Faisal, Sp.PD, FINASIM (Ketua Prodi Program Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab).

Rangkaian materi dan diskusi pada acara First Webinar Series FK Univrab mendapat antusiasme yang cukup tinggi dan dihadiri oleh lebih dari 500 peserta dari kalangan dokter, dosen, maupun mahasiswa kedokteran dari berbagai wilayah di Indonesia. Rencananya Webinar Series FK Univrab ini akan diselenggarakan secara teratur dengan mengundang berbagai narasumber atau guru besar dari seluruh Indonesia dengan topik Webinar yang tidak kalah menarik.

First Webinar Series Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab yang terlaksana pada 14 Mei 2022

Penulis: Eva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *