You need to enable javaScript to run this app.

PPK ORMAWA FK UNIVRAB RESMIKAN INFRASTRUKTUR KESEHATAN HOLISTIK MULTISEKTOR DI KELURAHAN MELEBUNG

  • Senin, 23 September 2024
  • Administrator
  • 0 komentar
PPK ORMAWA FK UNIVRAB RESMIKAN INFRASTRUKTUR KESEHATAN HOLISTIK MULTISEKTOR DI KELURAHAN MELEBUNG

(FK Univrab-Pekanbaru, 23/09/2024) Tim PPK ORMAWA Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab (FK Univrab) melakukan peresmian Inovasi Desain Desa Sehat Laskar Melebung: Infrastruktur Kesehatan Holistik Berbasis Kolaborasi Multisektor di Kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, pada Selasa, 27 Agustus 2024. PPK ORMAWA ini merupakan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan dengan program membangun inovasi desain desa sehat di Kelurahan Melebung.

Tim PPK ORMAWA FK Univrab berhasil mendapat hibah dari Kemendikbudristek melalui proses seleksi proposal tingkat nasional yang cukup ketat. Prinsip PPK ORMAWA dalam membangun Desa Sehat adalah Holistic Health through Unified Sectors (kesehatan holistik berbasis multisektor). Penyakit yang bersifat preventable akan dicegah dengan pendekatan sektor lingkungan, pendidikan, teknologi, dan sosioekonomi. Program ini berjalan dari bulan Juni hingga Oktober 2024.

Inovasi Desa Sehat oleh tim PPK ORMAWA melibatkan banyak Kader yang turut membantu menyukseskan program, seperti Kader Kesehatan melalui pendalaman 25 kurikulum keterampilan kader sehat; Kader Cilik melalui program PHBS, filter air bersih, jumatik; Kelompok Karang Taruna dan Pemuda bersama-sama membentuk circular economy melalui inovasi ekosistem bank sampah digital dengan rumah produksi dan mesin eco-catalytic paving; Kelompok Wanita Tani melalui pemberdayaan tanaman obat keluarga komprehensif, Kader Literasi Melebung melalui revitalisasi perpustakaan berisi ruang diskusi, digital, baca, dan kreasi; UMKM melalui pemberdayaan ekonomi lokal menciptakan inovasi bolu kemojo dan juga produksi ikan salai dari UPPKS Melebung.

Pada acara peresmian ini turut hadir Rektor Universitas Abdurrab (Prof. Susi Endrini,S.Si, Sc, Ph.D), Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab (Dr.dr. Syamsul Bahri Riva’i, Sp.OG), PJ Walikota Pekanbaru (diwakili oleh Staf Ahli bidang Ekonomi Drs. Mahyuddin), Perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru (Ingot Ahmad Hutasuhut), Perwakilan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Pekanbaru, Puskesmas Rejosari, Petugas Lapangan Keluarga Berencana, Perwakilan PT.EMP, Bintara Pembina Desa.

Kegiatan PPK ORMAWA FK Univrab mendapat dukungan dan bantuan dari banyak pihak, seperti Dandim 0301/Pekanbaru, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Puskesmas Rejosari, Tanoto Foundation, PT. EMP, PT. Pertamina Hulu Rokan, dan PT. Tri Agro Subur.  Ucapan terima kasih disampaikan kepada Bapak Camat Tenayan Raya, Bapak Lurah Melebung, Ketua RW dan RT Kelurahan Melebung, masyarakat Kelurahan Melebung, serta pihak-pihak lain yang turut mendukung dan memberikan bantuan baik moril maupun materiil sehingga program ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan. PPK ORMAWA diharapkan tidak hanya meningkatkan kemampuan, kompetensi dan soft skills organisasi kemahasiswaan FK Univrab, namun juga menginisiasi kemajuan wilayah Kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru di Indonesia 

 
Penulis: Eva
 
Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Whatsapp