Kuliah umum recent updates on topical anti aging agents oleh Dekan FK UMS di Susiana Tabrani Convention Hall pada Senin (01/08/2022).

(FK UNIVRAB-Pekanbaru, 06/08/2022) Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab telah menyelenggarakan kegiatan kuliah umum dan seminar kesehatan pada hari Senin (01/08/2022). Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Susiana Tabrani Convention Hall. Narasumber kuliah umum dan seminar kesehatan ini adalah  Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta, Dr. dr. Flora Ramona Sigit Prakoeswa, M.Kes, SpKK, Dipl. STD-HIV/AIDS, FINSDV.

Kegiatan ini diawali dengan kuliah umum yang ditujukan untuk seluruh mahasiswa fakultas kedokteran dan mahasiswa dari fakultas farmasi dan ilmu kesehatan Universitas Abdurrab. Kuliah umum ini mengambil tema kesehatan kulit dengan judul recent updates on topical anti aging agents. Kuliah umum ini dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’i, Sp.OG. Kuliah umum ini membahas tentang bagaimana mencegah proses penuaan pada kulit dan agen yang digunakan untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Materi ini sangat menarik bagi peserta kuliah umum yang terlihat dari antusias peserta saat sesi diskusi dan tanya jawab.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas kedokteran Universitas Abdurrab dengan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penandatanganan MoA ini dilakukan oleh Dekan dan disaksikan oleh Rektor Universitas Abdurrab Prof. Susi Endrini, S.Si, M.Sc.,Ph.D, Pembina Yayasan Abdurrab Dr. dr. Susiana Tabrani, M.Pd, dan Ketua Yayasan Abdurrab dr. Ivan Tabrani, M.Kes. Melalui perjanjian kerja sama ini diharapkan akan meningkatkan hubungan kerja sama antara Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab dengan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam hal pendidikan, penelitian, maupun pengabdian masyarakat.

Perjanjian kerjasama antara FK Univrab dan FK UMS di Susiana Tabrani Convention Hall (01/08/2022). Dari kiri ke kanan: Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’i, Sp.OG (Dekan FK Univrab), apt. Isna Wardaniati, M.Farm (Wakil Rektor 1), Prof. Susi Endrini, S.Si, M.Sc.,Ph.D, (Rektor Univrab), Dr. dr. Flora Ramona Sigit Prakoeswa, M.Kes, SpKK, Dipl. STD-HIV/AIDS, FINSDV (Dekan FK UMS), Dr. dr. Susiana Tabrani, M.Pd ( Pembina Yayasan Abdurrab) serta dr. Ivan Tabrani, M.Kes (Ketua Yayasan Abdurrab).

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan seminar kesehatan yang dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan, dan siswa SMA di Pekanbaru. Kegiatan ini mengambil topik “Adolescent Skin: How to Keep It Healthy”. Topik ini disambut antusias oleh seluruh peserta seminar karena membahas permasalahan kulit yang terjadi pada usia remaja dan bagaimana menjaga agar kulit tetap sehat. Menurut dr. Flora selaku pembicara, ada beberapa permasalahan kulit remaja yang sering ditemui yaitu acne vulgaris (jerawat), hiperhidrosis (keringat berlebih), dermatitis seboroik dan ketombe. Pada kesempatan ini, narasumber menjelaskan mengapa permasalahan ini banyak dijumpai oleh remaja, bagaimana mencegah dan pengobatan jika permasalahan kulit ini muncul. Banyak peserta seminar baik mahasiswa dan siswa SMA yang bertanya tentang topik yang disampaikan oleh dr. Flora.

Peserta seminar tampak antusias mengikuti kuliah umum oleh Dr. dr. Flora Ramona Sigit Prakoeswa, M.Kes, SpKK, Dipl. STD-HIV/AIDS, FINSDV

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat pembicara dan plakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab untuk pembicara yaitu Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta, Dr. dr. Flora Ramona Sigit Prakoeswa, M.Kes, SpKK, Dipl. STD-HIV/AIDS, FINSDV.

Penulis: Eva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *