(FK Univrab-Pekanbaru, 12/01/2023) Bulan Desember adalah bulan penting bagi relawan secara global, dengan tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Relawan Internasional. Tema ini mengantarkan kita sebagai relawan-relawan untuk mengambil peran lebih untuk berkolaborasi lebih banyak dengan aksi yang lebih nyata. Mahasiswa Tim Bantuan Medis Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab (TBM FK Univrab) turut meramaikan acara Festival CPR yang dilakukan oleh IDI Pekanbaru Bersama Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) cabang Riau, pada hari Minggu 11 Desember 2022 yang dilakukan di Car Free Day Jl. Soedirman, Kota Pekanbaru, Riau.

Resusitasi jantung paru (RJP) atau disebut juga CPR merupakan upaya pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas dan henti jantung karena berbagai alasan, seperti kecelakaan atau tenggelam. Rangkaian kegiatan Festival CPR yang diikuti meliputi bantuan hidup dasar, evakuasi korban kecelakaan, serta tatalaksana choking pada dewasa dan bayi.

dr. Ade Fajri Kurnia, MH dan dr. Pradipta menjadi narasumber dari IDI Pekanbaru dalam festival CPR kali ini. Acara ini juga melakukan skrining tekanan darah yang bisa diikuti oleh pengunjung Car Free Day di area Jl. Soedirman kota Pekanbaru.

Penulis: Eva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *