(FK Univrab-Pekanbaru, 22/01/2024) Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab (FK Univrab) kembali menyelenggarakan Webinar Series tahun 2024 yang ke-empat pada hari Sabtu (20/01/2024). Webinar dengan tema Emergency Medicine Update” ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi Zoom meeting dan live streaming Youtube.

Pada kesempatan ini, Webinar Nasional FK Univrab mengundang beberapa narasumber antara lain Prof. Dr. dr. Zairin Noor Helmi, SpOT(K).MM.FICS (Guru Besar Ortopedi dan Traumatologi FK ULM), Dr. dr Dzulfikar Djalil Lukmanul Hakim,SpA(K),M.Kes. MMRS. (Konsultan Emergensi dan Rawat Intensif UNPAD), Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P., MARS (Ketua Umum KREKI Pusat), dr. Eko Apriandhi, Sp.OG (Staf Obgyn RSUP Dr, M. Djamil), dr. Mustajir Nur Arif, M. Ked (Cardio), Sp.JP (Spesialis KV dari FK USU), serta dr. Syarifah Hidayah Fatriah, Sp.FM (Sekretaris MKEK IDI Wilayah Riau).

Sebelum simposium dimulai, sambutan diberikan oleh Rektor Universitas Abdurrab, Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc, Ph.D dilanjutkan dengan materi etik berjudul Aspek Etik dan Medikolegal dari Medical Emergency oleh dr. Syarifah Hidayah Fatriah, Sp.FM pada opening session. Pada sesi Simposium 1, Prof. Dr. dr. Zairin Noor Helmi, SpOT(K).MM.FICS memaparkan materi yang berjudul Kegawatdaruratan Bedah dalam Bencana, dilanjutkan oleh narasumber kedua Dr. dr Dzulfikar Djalil Lukmanul Hakim,SpA(K),M.Kes. MMRS. yang memaparkan materi Kegawatdaruratan pada Anak. Narasumber ketiga Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P., MARS memaparkan materi Kegawatdaruratan pada Bencana. Sesi pertama ini dimoderatori oleh Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’i, Sp.OG (Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab).

Pada simposium kedua, dr. Eko Apriandhi, Sp.OG memaparkan materi Kegawatdaruratan Obstetri, dilanjutkan oleh dr. Mustajir Nur Arif, M.Ked (Cardio), Sp.JP memaparkan materi Kegawatdaruratan Penyakit Jantung, diakhiri oleh dr. Octariany, Sp.P., M.Ked memaparkan Penanganan Kegawatdaruratan Penyakit Paru. Sesi ini dimoderatori oleh Dr. Benny Chairuddin, Sp. An, M. Kes, MARS.MAP (Ketua KREKI Wilayah RIAU dan Kadiskes Kab. Siak Riau).

Rangkaian materi dan diskusi pada acara Webinar Series FK Univrab ini mendapat antusiasme yang cukup tinggi dan dihadiri oleh lebih dari 450 peserta dari kalangan dokter, dosen, maupun mahasiswa kedokteran dari berbagai wilayah di Indonesia. Semoga acara Webinar Series Emergency Medicine Update ini meningkatkan update dalam kedokteran kegawatdaruratan dengan kolaborasi dari seluruh lapisan masyarakat termasuk perguruan tinggi dan klinisi sangat diperlukan dalam upaya peningkatan perlindungan kepada masyarakat utamanya saat terjadi bencana.

Penulis: Eva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *