(FK Univrab-Pekanbaru, 20/06/2023) Universitas Abdurrab melalui motto Save Generations Through Education mengembangkan sarana metode pembelajaran anatomi baru. Pengetahuan menyeluruh tentang anatomi memainkan peran penting dalam pemahaman yang tepat tentang cabang-cabang ilmu kedokteran lainnya serta membantu memastikan mahasiswa dalam melakukan praktik medis yang aman. Dalam rangka memajukan pengembangan pendidikan kedokteran di tanah air, Yayasan Abdurrab menghadirkan bahan ajar anatomi kadaver plastinasi utuh yang diimpor dari Taiwan untuk Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab (FK Univrab) pada hari Rabu (14/06/2023).
Serah terima kadaver plastinasi dari Pembina Yayasan Universitas Abdurrab Dr. dr. Susiana Tabrani M.Pd kepada Rektor Universitas Abdurrab Prof. Susi Endriani S.Si M.Sc Ph.D disaksikan Wakil Rektor III dr. May Valzon M.Sc, serta Dekan Fakultas Kedokteran Univrab, Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’i, Sp.OG di Riau Abdurrab Malay Heritage, Kampus 2 Universitas Abdurrab.
Rektor Universitas Abdurrab, Prof Susi Endrini SSi, MSc PhD mengatakan kegiatan hari ini sangat penting dalam perjalanan Fakultas Kedokteran Univrab di Riau. Spesimen plastinasi memiliki ketahanan yang lebih baik dan perawatan yang relatif lebih mudah dibandingkan dengan spesimen basah yang diawetkan dengan cairan pengawet. Kadaver plastinasi juga memiliki banyak keunggulan untuk pembelajaran anatomi karena bentuk sel, jaringan, dan organ persis seperti pada kondisi manusia hidup, sehingga dengan adanya kadaver plastinasi mahasiswa nantinya akan lebih mudah dalam memahami tentang struktur tubuh manusia secara utuh.
Dr. dr. Susiana Tabrani, M.Pd mengatakan Yayasan Abdurrab yang menaungi Universitas Abdurrab memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa bidang kesehatan dengan menyediakan teknologi terbaru dan tercanggih dalam pembelajaran anatomi manusia. ” Yaitu dengan menyediakan kadaver plastinasi manusia utuh yang diimpor oleh GinkoMed dari Taiwan seharga Rp 1,7 miliar,” jelas Ketua Pembina Yayasan Abdurrab ini.
Yayasan Abdurrab ke depannya juga berencana untuk membangun fasilitas gedung baru Fakultas Kedokteran, Laboratorium baru Fakultas Kedokteran, laboratorium biomolekuler, hingga Museum of Human Anatomy yang dilengkapi dengan berbagai macam kadaver plastinasi. Penyerahan kadaver plastinasi utuh pertama ini menjadi cikal bakal pendirian Museum of Human Anatomy tersebut. Usai acara serah terima, dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung Fakultas Kedokteran Univrab 4 lantai yang nantinya diperuntukkan sebagai museum di lantai satu, laboratorium, ruang dosen, ruang belajar dan lainnya.

Penulis: Eva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *