(FK Univrab-Pekanbaru, 22/02/2023) Dunia kedokteran telah mengalami pergeseran sudut pandang pengobatan, dari sekedar evidence-based medicine ke personalized medicine atau targeted therapy. Dalam rangka menambah pengetahuan mahasiswa terkait kedokteran nuklir dan menumbuhkan minat mahasiswa tentang spesialis kedokteran nuklir, FK Univrab mengadakan kuliah umum dengan tema ‘Penerapan Kedokteran Nuklir dalam Prosedur Teranostik (Diagnosis dan Terapi) Pada Penyakit-penyakit Keganasan’ pada hari Senin, bertempat di Susiana Tabrani Convention Hall, Pekanbaru (20/02/2023).

Dibuka dengan sambutan oleh Rektor Universitas Abdurrab Prof. Susi Endrini, S.Si, M.Sc, PhD, serta materi dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’i, Sp.OG, kuliah umum dimulai dengan antusiasme tinggi dari 300 mahasiswa kedokteran, dosen kedokteran serta para klinisi yang hadir di Convention Hall Kampus Universitas Abdurrab.

 

Prof. Dr. dr. Achmad Hussein, Sp.KN(K)., FANMB., MHKes yang merupakan Guru Besar Kedokteran Nuklir dari Rumah Sakit Umum Pusat dr. Hasan Sadikin Bandung – Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran memberikan materi mengenai penerapan kedokteran nuklir dalam prosedur teranostik pada penyakit keganasan. Sesi ini dimoderatori oleh dosen FK Univrab, dr.Neni Ristiani, M.Si.

 

Kedokteran nuklir sendiri adalah salah satu cabang spesialisasi kedokteran yang menggunakan sumber radiasi terbuka hasil disintegrasi inti atom yang dimanfaatkan untuk keperluan diagnosis dan terapi berbagai penyakit. Berbeda dari radiologi dan radioterapi, metode diagnostic dan terapi kedokteran nuklir menggunakan sumber radiasi terbuka, di mana kedokteran nuklir menggunakan prinsip radiasi interna. Yang terbaru, pendekatan teranostik, adalah gabungan antara diagnostik dan terapi sekaligus; yang dapat dicapai dengan pemakaian targeted radiopharmaceuticals (radiofarmasetik bertarget).

Dengan adanya kuliah umum FK Univrab ini, diharapkan mahasiswa, dosen kedokteran, serta klinisi bertambah pengetahuan, minat, serta mengetahui perkembangan terbaru sains dan teknologi di bidang kedokteran nuklir serta aplikasinya untuk manajemen pasien di penyakit keganasan.

Penulis: Eva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *